Psi.Pendidikan

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2 dan dilakukan pada dua Sekolah Dasar di Kecamatan Matraman Jakarta Timur dengan sampel sebanyak 48 siswa. Hasil penelitian ini adalah; (1) Hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) Untuk siswa yang memiliki konsep diri tinggi, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (3) Untuk siswa yang memiliki konsep diri rendah, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih rendah daripada yang belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (4) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar IPA siswa.

Kata-kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Konsep Diri, Hasil Belajar IPA.

Lihat File Jurnal PDF Selengkapnya dengan Klik Disini!!!

About psychologymania

Praktisi Psikologi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: